Firefly Kingdom

It's light in the dark!

Cara Rasulullah Memberi Modal Kerja

Posted by Lord Firefly On 12.54 0 comment

Diriwayatkan pada masa Rasulullah SAW, seorang fakir miskin mendatangi Rasulullah untuk meminta sedekah karena keluarganya sangat miskin dan ia tidak memiliki pekerjaan.
"Apa kau punya sesuatu yang bisa dijual?" tanya Nabi.
"Ya, aku punya sebuah karpet yang cukup bagus." jawab Si fakir miskin.
"Bawalah kesini."



Beberapa menit kemudian, fakir miskin itu datang dengan membawa karpet tersebut. Kemudian Nabi memerintahkan para sahabat beliau untuk membeli karpet tersebut. Setelah uangnya terkumpul, Nabi memerintahkan fakir miskin tersebut untuk memakai uangnya membeli kebutuhan keluarga, sebuah kapak dan seutas tali.
"Pakailah kapak tersebut untuk menebang kayu dan jual kayunya di pasar." perintah Nabi.

Beberapa hari kemudian orang tersebut datang dan mengabarkan kepada Rasul bahwa ia telah mempunyai pekerjaan sebagai pencari kayu bakar. Dalam kisah tersebut dapat kita perhatikan. Pertama, baginda Nabi tidak meberikan sedekah kepada orang tersebut karena secara fisik orang tersebut dapat dikatakan sehat. Hal tersebut juga bukan karena Rasulullah tidak mampu memberikan sedekah.

Kedua, Rasulullah SAW, tidak memberikan pekerjaan kepada orang tersebut, namun memberikan jalan keluar agar orang tersebut dapa dapat menjalankan usaha sendiri dengan memberikan modal berupa sejumlah uang yang dibelikannya kapak dan seutas tali tadi. Serta Nabi mengarahkan orang tersebut untuk mencai kayu bakar di hutan lalu dijualnya ke pasar.

Semoga kisah ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.
Enjoy! ^^

Categories: ,

0 Response for the "Cara Rasulullah Memberi Modal Kerja"

Posting Komentar